Vietnam menyokong resolusi PBB mengenai keanggotaan Palestina di PBB

  • admin
  • Mei 22, 2024

New York – Wakil Tetap Vietnam untuk PBB, Duta Besar ng Hoàng Giang menegaskan bahwa Vietnam turut mensponsori kemudian menyokong resolusi bersejarah Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) juga menggalang keanggotaan Negara Palestina pada PBB.

Berbicara pada sesi khusus darurat Majelis Umum PBB mengenai situasi Timur Tengah serta isu Palestina pada New York, Giang menegaskan bahwa Vietnam berdiri berdampingan dengan Palestina pada melaksanakan haknya yang digunakan tiada dapat dicabut untuk menentukan nasib sendiri juga menggalang pengakuan dini negara yang dimaksud sebagai anggota penuh PBB.

Giang menunjukkan keyakinannya bahwa mengakui Palestina adalah langkah paling bermanfaat bagi solusi dua negara, menciptakan landasan bagi negosiasi yang setara antara para pihak, juga merupakan langkah penting menuju perdamaian berkelanjutan di Timur Tengah.

Dia menekankan bahwa solidaritas Vietnam kemudian dukungan yang dimaksud tiada henti terhadap Palestina berasal dari perjuangan jangka panjang dengan demi kedaulatan, integritas wilayah, kemerdekaan serta kebebasan, juga upaya mencapai kebahagiaan bagi rakyat.

Diplomat Vietnam itu turut menyatakan keprihatinannya mengenai risiko eskalasi konflik dalam Daerah Gaza bermetamorfosis menjadi peperangan regional sembari mengutuk keras segala bentuk kekerasan terhadap warga sipil serta infrastruktur sipil penting, dan juga menentang segala pelanggaran kedaulatan kemudian integritas wilayah.

Dirinya memohonkan semua pihak untuk menahan diri secara maksimal, mengadakan dialog; mematuhi hukum internasional, lalu Piagam dan juga resolusi PBB yang tersebut relevan. Kemudian juga memohon untuk menerapkan gencatan senjata segera juga permanen, melegakan semua sandera tanpa syarat, serta menegaskan pasokan barang-barang kemanusiaan tanpa hambatan.

Tak sampai ke situ, ia juga menegaskan kembali dukungan Vietnam terhadap solusi dua negara kemudian terus membantu peran sentral Badan Bantuan kemudian Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) di melaksanakan tanggung jawab bantuan kemanusiaan di wilayah tersebut.

Narasumber : VNA

Artikel ini disadur dari Vietnam dukung resolusi PBB mengenai keanggotaan Palestina di PBB

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *