RI serta Belanda bahas kemudahan pembuatan visa bagi WNI

  • admin
  • Mei 22, 2024

Ibukota – otoritas Republik Tanah Air serta Belanda meningkatkan kekuatan kerja identik kekonsuleran kedua negara melalui kemudahan pembuatan visa bagi WNI pemegang paspor biasa melalui sebuah forum ke Bandung, Jawa Barat.

Melalui keterangan resmi Kementerian Luar Negeri RI yang tersebut diterima ke Jakarta, Selasa, pertemuan The 2nd Consular and Diplomatic Facilities Dialogue between the Republic of Nusantara and the Kingdom of the Netherlands tersebut mengangkat topik-topik penting tentang kerja identik di penanganan isu-isu kekonsuleran, permasalahan visa juga prasarana diplomatik, hingga kerja sebanding konsuler di situasi darurat atau bencana alam.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Jenderal Protokol kemudian Konsuler, Duta Besar Andi Rachmianto didampingi oleh Direktur Konsuler, Kementerian Luar Negeri.

Turut terlibat pejabat dan juga perwakilan beraneka kementerian/lembaga terkait dalam antaranya, Kementerian Hukum juga HAM, Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Perhubungan, dan juga Perwakilan RI pada Belanda.

Sementara itu dari pihak Belanda, delegasi dipimpin oleh Director General of Consular and Visa Affairs, Kementerian Luar Negeri Belanda, Dirk Jan Nieuwenhuis yang tersebut didampingi Duta Besar Belanda untuk Negara Indonesia juga pejabat Kemlu Belanda.

Menurut kedua ketua delegasi, penyelenggaraan dialog yang disebutkan penting dijalankan sebagai upaya untuk melindungi warga negara yang tersebut merupakan salah satu dari prioritas kebijakan luar negeri kedua negara.

Dialog itu juga disebutkan sebagai aksi lanjut dari Rencana Aksi Kemitraan Komprehensif Tanah Air kemudian Belanda yang mana disepakati pada tahun 2023 lalu.

Penyelenggaraan dialog dengan juga bertujuan untuk menguatkan kerja serupa kekonsuleran antara Indonesi dan juga Belanda untuk mempermudah pergerakan orang-orang antara Indonesi dan juga Belanda, memfasilitasi pertukaran budaya, bisnis, juga kerja sebanding lainnya.

Setelah dialog selesai, kedua delegasi turut melakukan kunjungan ke Museum Konperensi Asia Afrika untuk mengamati sejarah pembentukan Konperensi Asia Afrika yang mana akan memasuki tahun ke-70 dalam tahun 2025.

Artikel ini disadur dari RI dan Belanda bahas kemudahan pembuatan visa bagi WNI

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *