Kurang bersih ketika hapus riasan mata dapat sebabkan penyakit hordeolum

  • admin
  • Mei 17, 2024

Ibukota – Kurang bersih ketika menghapus make up atau riasan pada wajah, utamanya pada bagian mata, ternyata dapat menyebabkan penyakit hordeolum, atau akrab disebut bintitan.

“Hordeolum adalah benjolan kecil yang sekilas terlihat seperti jerawat atau lepuhan di dalam dekat area bulu mata, pendorong mata bintitan biasanya adalah infeksi bakteri,” ujar Dokter Spesialis Mata jebolan Universitas Brawijaya dr. Bramantya Surya Pratama Sp.M, MMRS, untuk ANTARA, Selasa.

Bramantya menyampaikan bahwa bakteri umum muncul dari sisa-sisa make up yang dimaksud tidaklah sepenuhnya terhapus, mengusap mata dengan tangan yang tersebut kurang bersih, hingga paparan debu.

“Bakteri masuk melalui sela-sela bulu mata,” kata dia.

Selain menciptakan kepercayaan diri merosot akibat benjolan di dalam mata, bintitan tentu dapat mengganggu kenyamanan penderitanya. Umumnya penyakit ini menimbulkan penderita merasa nyeri di mana berkedip, dapat juga mengganggu penglihatan akibat pembengkakan.

Bintitan kemungkinan besar umum terbentuk lalu banyak dianggap sepele, namun, Bramantya menyatakan hordeolum yang dimaksud tidaklah diobati dengan baik dapat bertahan hingga berbulan-bulan. Bahkan, benjolan yang tersebut timbul dapat membatu.

“Pokoknya sering-sering bersihkan bulu mata, jangan mengucek mata, serta biasakan cuci tangan sebelum dan juga sesudah menyentuh mata,” lanjutnya.

Bramantya menyarankan penderita hordeolum untuk memeriksakan keadaan ke dokter mata untuk mendapatkan obat yang tersebut sesuai.

Adapun untuk meredakan bengkak akibat bintitan, Bramantya menganjurkan pasien untuk melakukan kompres mata hangat menggunakan kapas selama lima menit.

“Kompres hangat ini direalisasikan dengan cara merendam kapas kosmetik ke pada air hangat, kemudian diperas, tak lama kemudian ditempelkan ke kelopak mata dengan mata tertutup,” Bramantya menambahkan.

Membersihkan make up bulu mata agar benar-benar bersih penting untuk menjaga kebugaran mata serta bulu mata. Terkadang, riasan pelentik kemudian penebal bulumata alias mascara sangat sulit untuk dihapus.

Saat ini, sejumlah jenama kecantikan yang mana menyediakan hasil penghapus riasan khusus untuk area mata yang tersebut sulit untuk dihilangkan.

Penghapus riasan atau make up remover berbasis minyak cukup efektif untuk menghilangkan make up yang tersebut tahan air atau waterproof.

 

Artikel ini disadur dari Kurang bersih saat hapus riasan mata dapat sebabkan penyakit hordeolum

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *