Genius atau Gila! Mengapa Pemimpin Rusia Tunjuk Ekonom Jadi Menteri Pertahanan?

  • admin
  • Mei 25, 2024

Jakarta – Perombakan pemerintahan atau resuffle kembali muncul pasca Vladimir Pemimpin Rusia dilantik sebagai presiden Rusia untuk masa jabatan kelima pekan lalu. Namun ada yang dimaksud unik ke di kabinet barunya.

Putin mencopot kedudukan Sergei Shoigu sebagai menteri pertahanan dan juga memberikannya terhadap Andrei Belousov, yang dimaksud merupakan ekonom sipil. Belousov sebelumnya sudah pernah menjabat di dalam berubah-ubah peran ke pemerintahan Rusia, diantaranya sebagai menteri konstruksi sektor ekonomi dan juga perwakilan perdana menteri.

Penunjukan Belousov pun menyebabkan keheranan dalam kalangan militer. Namun hal ini terjadi ketika belanja pertahanan melonjak serta Kepala Negara Rusia mempersiapkan negaranya serta sektor ekonomi untuk pertempuran panjang dalam Ukraina.

Dapat dikatakan penunjukan orang ekonom ke Kementerian Defense secara luas dipandang sebagai cara untuk mengawinkan besarnya keperluan pertahanan Rusia dengan berkembangnya perekonomian. Hal ini ujung-ujungnya berorientasi pada peperangan juga kompleks lapangan usaha militer.

“Perombakan tingkat tinggi pasca pemilihan presiden Rusia ini sangat menunjukkan bahwa Presiden Rusia mengambil langkah signifikan untuk memobilisasi basis ekonomi lalu bidang pertahanan Rusia untuk memperkuat pertempuran yang tersebut berkepanjangan pada tanah Ukraina kemudian kemungkinan besar mempersiapkan konfrontasi pada masa depan dengan NATO,” kata para analis dalam Institut yang dimaksud untuk Studi Perang (ISW), seperti dikutip CNBC International, Senin (14/5/2024).

Para analis dalam lembaga think tank yang digunakan berbasis di dalam Washington ini mencatat bahwa kurangnya pengalaman militer Belousov bukanlah hal yang tersebut aneh. Mengingat pendahulunya, Shoigu, juga tak memiliki pengalaman sebelumnya.

Sebaliknya, ISW mencatat, kemungkinan besar Kremlin menginginkan Belousov untuk “mengintegrasikan kemudian menyederhanakan” basis lapangan usaha pertahanan Rusia dengan kebijakan ekonomi di negeri negara yang dimaksud yang mana lebih tinggi luas.

“Masa jabatan Belousov selama hampir satu dekade sebagai menteri sektor ekonomi ke pemerintahan federal Rusia kemudian keterlibatannya baru-baru ini pada mengurus beragam pembaharuan basis lapangan usaha pertahanan di negeri serta proyek drone, mempersiapkannya dengan baik untuk mengawasi aparat Kementerian Keamanan Rusia yang sedang berjuang,” kata ISW.

“Belousov mempunyai reputasi yang dimaksud lebih banyak kuat sebagai teknokrat yang digunakan efektif, kemudian sumber penduduk pada mengklaim bahwa ia miliki hubungan positif dengan Putin,” tambah para analis.

Sementara, Shoigu akan menjadi sekretaris Dewan Ketenteraman Rusia. Ia akan menggantikan ideolog Kremlin serta sekutu dekat Putin, Nikolai Patrushev, yang dimaksud akan diberi peran berbeda.

Shoigu tidak ada memiliki pengalaman militer sebelum diangkat berubah menjadi menteri pertahanan. Namun kredibilitasnya telah lama diuji dengan invasi Rusia ke negara Ukraina pada Februari 2022 kemudian rutin kali dianggap kurang memadai.

Artikel Selanjutnya Presiden Rusia Kirim Kapal Perang Rusia ke Dekat RI, Ada Apa?

Artikel ini disadur dari Genius atau Gila! Mengapa Putin Tunjuk Ekonom Jadi Menteri Pertahanan?

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *