Gak Main-Main, Pertamina Punya 11 Proyek Penyimpanan Karbon!

  • admin
  • Mei 25, 2024

Jakarta – PT Pertamina (Persero) mengungkapkan bahwa dari 16 total proyek penyimpanan karbon atau Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS) pada negeri, sebanyak-banyaknya 11 proyek diantaranya merupakan proyek penangkapan karbon milik Pertamina.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyebutkan sebanyak-banyaknya 11 proyek penyimpanan karbon dari total 16 proyek CCUS ditargetkan dapat menyimpan hingga 7.000 ton CO2 per tahun pada tahun 2030 mendatang.

“Saat ini telah 16 proyek yang dimaksud berjalan lalu 11 proyek milik Pertamina. Jadi kami punya target, kami memasang target penyimpanan CO2 di blok CCS kami sekitar 7.000 ton CO2 per tahun pada tahun 2030,” ujar Nicke pada acara Indonesian Petroleum Association (IPA) Convex, pada ICE BSD, Selasa (14/5/2024).

Adapun, kata Nicke, pengembangan proyek CCS/CCUS di negeri merpakan proyek yang mana diprioritaskan oleh perusahaan lantaran di Indonesi sendiri memiliki prospek cadangan serta penyimpanan yang digunakan melimpah. “Kami juga memprioritaskan inisiatif CCS CCUS yang memiliki peluang cadangan serta penyimpanan melimpah ke Indonesia,” ungkap Nicke.

Nicke bilang, Indonesi miliki kemungkinan sebesar 500 gigaton CO2. Dengan begitu Nicke mengungkapkan bahwa pihaknya cukup ambisius di mengembangkan proyek CCS CCUS pada negeri.

“Namun total kapasitas dalam Indonesi sebenarnya lebih besar dari 500 gigaton (CO2). Jadi kami sangat ambisius pada kegiatan ini lalu kami juga menyediakan satu solusi terintegrasi, maksud saya, sumbangan seluruh subholding kami mulai dari penangkapan CO2 hingga injeksi,” tambahnya.

Menteri ESDM Arifin Tasrif juga menyebutkan, bahwa sejalan dengan komitmen Net Zero Emission, eksekutif juga telah dilakukan menetapkan Peraturan mengenai CCS/CCUS, termasuk Peraturan Presiden Nomor 14 tahun 2024.

Peraturan yang disebutkan mencakup aspek Pelaksanaan Berbasis Penangkapan juga Penyimpanan Karbon dimana hal yang disebutkan sebelumnya belum diatur pada Peraturan Menteri ESDM No. 2 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Pertemuan CCS/CCUS pada Pertemuan Usaha Hulu Minyak serta Gas Bumi.

“Saat ini, terdapat 15 proyek CCS/CCUS yang sedang di beragam tahap. Dengan total sumber daya penyimpanan CO2 tambahan dari 500 Giga Ton, kami percaya Indonesi memiliki kesempatan untuk perluasan pengembangan bidang usaha CCS/CCUS,” tandas Menteri Arifin.

Artikel Selanjutnya Terbesar, Bisnis Baru RI Ini adalah Bisa Sumbang Triliunan Dolar!

Artikel ini disadur dari Gak Main-Main, Pertamina Punya 11 Proyek Penyimpanan Karbon!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *