Empat skincare yang digunakan dibutuhkan penderita rosacea

  • admin
  • Mei 18, 2024

Ibukota – Dokter spesialis dermatologi venereologi lalu estetika ahli konsultasi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo memaparkan ada empat jenis item perawatan epidermis (skincare) yang mana dibutuhkan penderita rosacea guna menurunkan keluhan gatal-gatal.

“Penting untuk memilih jenis skincare, utamanya yang menghindari kekambuhan begitu kerap serta bukan memperparah gejala. Kalau ada penyakit tersebut, secara garis besar ada empat jenis yaitu pembersih muka (cleanser), pelembab, tabir surya (sunscreen) lalu make up,” kata Dr. dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, Sp.D.V.E., Subsp. D.K.E., MHA pada diskusi daring dalam Jakarta, Senin.

Dokter lulusan Universitas Nusantara itu menuturkan rosacea merupakan sebuah penyakit inflamasi kronis yang mana memunculkan benjolan-benjolan berukuran kecil yang dimaksud dihadiri oleh kemerahan serta bernanah yang dimaksud biasa muncul pada tempat kejadian T yakni dahi, hidung, dagu kemudian pipi.

Penyakit itu dapat dikatakan kompleks dikarenakan belum diketahui secara pasti unsur pencetus utamanya. Maka dari itu, penderitanya seringkali mengalami rasa nyeri atau terbakar hingga adanya keluhan pada mata tergantung dari tingkat keparahan rosaceanya.

“Penyebabnya belum diketahui dengan jelas. Namun, kita telah mengetahui bahwa ada unsur genetik ke sana, ada juga pencetus lain seperti diseksi pembuluh darah dan juga sistem imun,” ucapnya.

Rasa gatal tersebut, katanya, kemungkinan besar mengakibatkan para penderita terus menggaruk benjolan-benjolan yang dimaksud ada pada muka sehingga berbahaya bagi kesegaran kulit.

Dengan demikian, Nadia menyarankan agar penderita rosacea menghindarinya dengan cara melakukan konsultasi dengan dokter dermis untuk mendapatkan tata laksana medis yang tersebut tepat baik dengan obat oles atau obat minum, dan juga melakukan perawatan dermis secara mandiri.

Saat melakukan perawatan kulit, ia menyarankan agar penderita rosacea mengenakan sabun cuci muka yang digunakan Potential of Hydrogen (pH) lalu kandungannya sesuai dengan tipe epidermis masing-masing. Misalnya pada pemilik lapisan kulit berminyak, dianjurkan untuk memilih sabun muka yang mana dapat menjaga kelembaban kulit.

Barang kedua yang dimaksud disarankan yakni pelembab wajah. Tujuan pemakaiannya yakni meningkatkan kelembaban kulit, sehingga kemungkinan terkena iritasi ataupun peradangan akibat pembengkakan pembuluh darah dapat diminimalkan.

Ketiga ada tabir surya, yang mana menurut Nadia harus dikenakan oleh semua penduduk tidak ada terkecuali penderita rosacea. Semakin lebih tinggi zat SPF pada tabir surya, permukaan lapisan kulit akan semakin terlindungi dari sinar UV matahari.

Sementara produk-produk terakhir adalah make up corrector yang dimaksud berwarna kehijauan.

Nadia menjelaskan penyelenggaraan make up seperti foundation kehijauan dapat membantu penderita menyamarkan bercak kemerahan pada area wajah lalu mengempiskan kemerahan akibat benjolan-benjolan kecil yang digunakan meradang.

Dari seluruh produk-produk perawatan itu, Nadia mengingatkan penting bagi penderita rosacea untuk mencermati komposisi berbahan berpartisipasi yang tersebut ditambahkan ke pada produk, guna membantu gejala bukan cepat kambuh.

Misalnya seperti moisturizer agent, antioksidan, zat vitamin A, B3 dan juga C hingga anti radang.

“Kemudian jangan skincare saja, pencegahan dengan mengetahui pencetusnya itu juga secara bersamaan harus dijalankan untuk mengempiskan keluhan supaya kalau gatal tidaklah digaruk-garuk akibat dapat memperburuk kulit,” ujar Nadia.

 

Artikel ini disadur dari Empat skincare yang dibutuhkan penderita rosacea

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *