Dokter ajak anak perempuan waspadai lupus sejak dini

  • admin
  • Mei 19, 2024

Ibukota – Dokter spesialis penyakit dalam-konsultan reumatologi Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr RM Suryo Anggoro KW, SpPD-KR mengundang anak perempuan mewaspadai lupus sejak dini dengan memeriksakan kesehatannya secara berkala.

Dia mengatakan, anak-anak atau perempuan berusia muda mempunyai risiko lebih lanjut lebih tinggi terserang lupus jikalau mempunyai unsur genetik atau keturunan dari anggota keluarga.

"Pada perempuan usia muda, kalau ada keluhan nyeri sendi lalu ruam atau nyeri sendi lalu anemia, atau ada ruam lalu anemia, misalnya. Maka kemungkinan adanya lupus harus diwaspadai," kata Suryo di seminar RSCM terkait Lupus yang disertai secara daring di Jakarta, Senin.

Kendati belum tentu dokter akan mendiagnosis seseorang terserang lupus apabila mengalami gejala-gejala tersebut, namun peluang terserang lupus tetap ada apabila perempuan yang mana mengalami gejala-gejala tersebut.

Jadi sebisa kemungkinan besar dokter pun melakukan kumpulan pemeriksaan tambahan untuk mengonfirmasinya.

"Pada prinsipnya, kita mesti waspada adanya penyakit lupus pada saat terasa gejala pada dua organ atau lebih, teristimewa pada perempuan berusia muda atau pada pasien yang dimaksud anggota keluarganya juga ada yang mengalami sakit lupus," kata Suryo.

Menurut informasi yang tersebut disiarkan oleh Kementerian Kesehatan, lupus adalah penyakit peradangan kronis yang dimaksud muncul saat sistem kekebalan tubuh menyerang sel lalu jaringan tubuh sendiri.

 
Penyakit yang disebut Sistemik Lupus Eritematosus (SLE) ini dapat menyerang organ tubuh seperti persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, serta paru-paru.
 
Faktor yang digunakan diduga memengaruhi terjadinya lupus antara lain factor genetik, seperti riwayat penyakit lupus pada keluarga, dan juga faktor lingkungan seperti infeksi virus atau bakteri, paparan sinar matahari, obat-obatan tertentu, serta stres.

 
Gejala lupus bisa jadi bervariasi dari ringan hingga parah. Beberapa gejala umum yang mana rutin muncul antara lain ruam dermis berbentuk seperti sayap kupu-kupu di dalam pipi dan juga batang hidung, kelelahan yang mana berlebihan dan juga sulit diatasi, dan juga nyeri dan juga pembengkakan pada sendi, teristimewa di tangan lalu kaki.
 
Lupus juga dapat memengaruhi organ lain seperti ginjal, jantung, paru-paru, juga otak, menyebabkan gejala yang berbeda-beda tergantung pada organ yang tersebut terkena.
 
Terapi terapi lupus dikerjakan untuk mengendalikan peradangan, meringankan gejala, juga menjaga dari kehancuran organ.

Artikel ini disadur dari Dokter ajak anak perempuan waspadai lupus sejak dini

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *