Biksu harap Waisak 2024 bawa kedamaian bagi seluruh umat beragama

  • admin
  • Mei 18, 2024

DKI Jakarta – Pemuka agama Buddha Bhante Dhammavuddho berharap Hari Tri Suci Waisak 2568 BE/2024 dapat mengakibatkan kedamaian bagi seluruh umat beragama dan juga dijadikan sebagai waktu menikmati kebersamaan dan juga bahagia.

“Semoga dengan kegiatan Waisak ini juga kegiatan thudong ini mampu mengakibatkan keharmonisan, toleransi, serta juga kebersamaan buat bangsa kemudian negara Indonesia. Semoga semua makhluk hidup bahagia,” kata Bhante Dhammavuddho di acara penyambutan biksu thudong yang dimaksud dilakukan di Taman Mini Negara Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa.

Dalam melaksanakan perjalanan spiritual thudong yang digunakan telah dilakukan kedua kalinya dalam Indonesia, Bhante Dhammavuddho merasa sangat senang oleh sebab itu masyarakat tanah air antusias menyambut Waisak seperti yang dimaksud umat Buddha rasakan.

Hal ini dapat dibuktikan dengan dijadikannya Candi Borobudur dalam Magelang, Jawa Tengah sebagai tempat digelarnya acara puncak hari besar tersebut.

“Bhante sendiri sangat bangga dengan Indonesi akibat selain perayaan dapat dilaksanakan setiap tahun, acara dapat dijalankan dengan lancar kemudian juga kemegahan Waisak ini sangat luar biasa,” kata dia.

Menurutnya dalam samping antusias warga yang digunakan tinggi, hal lain yang digunakan menunjang perjalanan thudong berjalan aman juga santai adalah sebab Candi Borobudur dikelola dengan baik lalu berjauhan lebih banyak megah.

Dengan demikian, sejumlah khalayak dapat merasakan kebersamaan, keindahan serta kebahagiaan Waisak secara bersama-sama.

“Oleh oleh sebab itu itu dari sisi umat Buddha semoga kualitas batin kita mampu berubah menjadi tambahan baik, berubah menjadi sempurna berubah jadi seperti identik sang Buddha lalu semoga bangsa Tanah Air dapat damai Waisak di dalam tahun 2024,” ujar Bhante.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Bimbingan Komunitas Buddha Kementerian Agama Supriyadi mengatakan, pemerintahan Negara Indonesia sudah pernah menetapkan Candi Borobudur sebagai satu dari lima Destinasi Peluang Usaha Pariwisata Super Keutamaan (DPSP).

Dalam menyimpan kesakralan juga kebermanfaatannya bagi umat Buddha lalu komunitas pada masa depan, pemerintah memberikan perlakuan khusus baik pada penetapan nilai destinasi sekaligus kebijakan yang dimaksud perlu dipatuhi setiap pihak.

“Itulah maka telah terjadi ditetapkan nota kesepahaman antara Kemendikbudristek bersatu Kemenag, Kementerian BUMN, Kemenparekraf juga Kepala Daerah, Pemimpin wilayah Provinsi Jawa Tengah dan juga Kepala daerah DIY,” ucap Supriyadi.

Ia berharap di rangka merayakan Hari Waisak tahun ini, setiap pihak dapat memberikan dukungan pada upaya pemerintah, agar pemanfaatan Candi Borobudur untuk kepentingan ziarah juga pariwisata spiritual agama Buddha bola dapat diwujudkan.

"Kemudian, selamat menunaikan tugas para banthe, semoga sehat walafiat dalam perjalanan dan juga selamat sampai tujuan, sebagai bagian kita merayakan Waisak pada merayakan Waisak dengan suka cita tak hanya saja umat Buddha, tapi seluruh penduduk Nusantara bersuka cita menghadapi Waisak tahun ini,” ujarnya.

Artikel ini disadur dari Biksu harap Waisak 2024 bawa kedamaian bagi seluruh umat beragama

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *