ASEAN siapkan 40 ribu dolar Amerika Serikat untuk 60 inovator dunia usaha biru

  • admin
  • Mei 22, 2024

Pendaftaran untuk ASEAN Blue Innovation Challenge masih terbuka hingga 31 Mei 2024 sedang waktu malam waktu Jakarta. Para inovator dapat masih mengusulkan solusi yang dimaksud tepat untuk mengatasi isu inovasi iklim, polusi plastik ke laut, juga perikanan serta pa

Jakarta – ASEAN sama-sama Negeri Sakura serta Badan Inisiatif Pembangunan PBB (UNDP) menyiapkan dukungan finansial hingga 40 ribu dolar Amerika Serikat (Rp644,7 juta) untuk setiap 60 inovator yang digunakan terpilih mengikuti program ASEAN Blue Innovation Challenge atau tantangan pembaharuan sektor ekonomi biru.

“Proyek perintis ini juga semakin menegaskan komitmen juga kesiapan ASEAN di mengawasi kerja mirip regional lalu integrasi perekonomian terkait perubahan sektor ekonomi biru,” kata Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Komunitas Sektor Bisnis ASEAN, Satvinder Singh untuk media usai acara peluncuran ASEAN Blue Innovation Challenge pada Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa.

Sejak diadopsinya Kerangka Kerja Perekonomian Biru ASEAN pada bulan September 2023, lanjutnya, Sekretariat ASEAN terus mengambil langkah maju di upaya dengan untuk meningkatkan pemanfaatan sumber daya laut serta air tawar secara berkelanjutan demi perkembangan kegiatan ekonomi juga kesejahteraan warga ASEAN.

Pada kesempatan yang mana sama, Perwakilan Residen UNDP Indonesia, Norimasa Shimomura, memaparkan bahwa kolaborasi kemudian perubahan adalah kunci untuk mengatasi tantangan di memanfaatkan lalu mengatur ekosistem laut serta air tawar secara berkelanjutan.

“Kami berharap dapat menemukan solusi dari diri kami sendiri namun faktanya kami tidaklah tau bagaimana melakukan itu sendiri. Jadi, kami memutuskan untuk meminta para inovator juga pengusaha perusahaan untuk membantu kami dengan berpartisipasi di tantangan ini,” ucapnya.

UNDP juga disebutnya telah mengadvokasi sektor biru di skala global selama lebih besar dari 25 tahun. UNDP sudah pernah memobilisasi tambahan dari 1 miliar dollar Negeri Paman Sam untuk melindungi juga merestorasi laut dalam lebih besar dari 100 negara kemudian terus berjanji menggerakkan dunia usaha biru global yang berkelanjutan.

Sebagai contoh, pada Indonesia, UNDP telah terjadi membantu mewujudkan visi eksekutif Indonesia untuk meningkatkan kerja serupa multilateral dengan tujuan melindungi lingkungan laut dan juga menggalakkan kegiatan ekonomi biru.

Melalui proyek yang digunakan mencakup tiga kegiatan utama yang dimaksud terdiri dari ASEAN Blue Innovation Challenge Rencana Inkubasi, lalu kegiatan Temu Usaha (Business Matchmaking), terbuka untuk 200 inovator yang berasal dari negara anggota ASEAN lalu Timor Leste yang mana bisa saja mengajukan proposal acara perubahan ekonomi baru.

Setelah itu, partisipan disaring berubah menjadi 60 inovator yang mana akan diikutsertakan ke pada inisiatif pendampingan selama kegiatan inkubasi untuk menyempurnakan juga mengkomersialisasikan solusi merek selama periode enam bulan.

Selama menjalani kegiatan Business Matchmaking, kelompok pemenang berkesempatan mempresentasikan solusi inovatif dia untuk komunitas bisnis, pemodal, juga pemodal untuk memperoleh akses ke pembangunan ekonomi biru di dalam wilayah tersebut.

Adapun pendaftaran untuk ASEAN Blue Innovation Challenge masih terbuka hingga 31 Mei 2024 sedang di malam hari waktu Jakarta. Para inovator dapat masih mengusulkan solusi yang tersebut tepat untuk mengatasi isu inovasi iklim, polusi plastik dalam laut, dan juga perikanan kemudian pariwisata berkelanjutan melalui https://www.undp.org/indonesia/blueinnovation.

Artikel ini disadur dari ASEAN siapkan 40 ribu dolar AS untuk 60 inovator ekonomi biru

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *